Pengertian HACCP

HACCP merupakan singkatan dari Hazard Analysis Critical Control Point. menurut bahasa dapat diartikan sebagai Analisis Bahaya dan Kendali Titik Kritis. dengan kata lain HACCP dapat diartikan sebagai suatu sistem ilmiah yang dapat mengkontrol masalah keamanan pangan dalam produksi.

HACCP telah diakui di dunia internasional. Jadi sangat penting bagi perusahaan makanan untuk menerapkan sistem ini agar produk yang dihasilkan terbukti aman dan layak dikonsumsi oleh konsumen. HACCP mengendalikan beberapa bahaya, diantaranya bahya fisik, kimia, dan biologi.

Bahaya fisik meliputi beberapa benda yang masih tampak oleh mata seperti potongan kayu, pecahan kaca, besi bekas las, dll. Cara menghindari bahaya fisik ini yaitu menjauhkan material yang kemungkinan akan mengkontaminasi produk dengan kata lain tidak ada material kayu disekitar area produksi.
Bahaya kimia yaitu menghindari pemakaian bahan-bahan kimia yang non-food grade dalam produksi, sehingga produk aman dari bahaya kimia.
Bahaya biologi meliputi juga mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur. bahaya ini hanya dapat dicengah dengan cara produksi yang steril dan meminimalisir adanya kontaminasi.

Sekian dulu pembahasan tentang HACCP kali ini, di postingan selanjutnya akan dibahas lebih lanjut.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post

Powered by Blogger.