Good Manufacturing Practices

GMP atau Good Manufacturing Practices merupakan sistem pengendalian kualitas produk makanan, kosmetik dan obat-obatan yang pertama kali dikembangkan oleh FDA, sama seperti HACCP. GMP berisi kebijakan, prosedur dan metode yang digunakan sebagai pedoman untuk menghasilkan produk yang memenuhi standar kualitas dan higiene yang ditetapkan.

Kualitas yang baik harus dibangun di selama proses manufaktur, tetapi tidak dapat diuji ke dalam produk sesudahnya. GMP mencegah kesalahan yang tidak dapat dihilangkan melalui kontrol kualitas dari produk jadi. Tanpa GMP adalah mustahil untuk memastikan bahwa setiap unit obat adalah kualitas sama dengan unit obat diuji di laboratorium.

Penerapan GMP sebaiknya dilakukan sejak awal perusahaan berdiri, hal ini dimaksudkan karena dalam jangka waktu yang panjang akan lebih sulit menemukan kesalahan dalam produksi.

Sebelum mencapai HACCP, terlebih dahulu sebuah perusahaan menerapkan sistem ini karena pada dasarnya GMP ini merupakan langkah awal dari pencapaian HACCP.

0 comments:

Post a Comment

Recent Post

Powered by Blogger.